Stop Press :
  • Redaksi dan Seluruh Kru Pena Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)
  • Polres Jember menggerebek pabrik mi yang terletak di Dusun Rowo Desa Rowo Indah Kecamatan Ajung yang ditegarai menggunakan bahan kimia berbahaya, Senin (5/6/2017) siang.
  • Senin, 29-11-2021 - 13:55:59

Belajar Bersama untuk Meningkatkan Kapasitas Pendamping Desa

Belajar Bersama untuk Meningkatkan Kapasitas Pendamping Desa Dodik Merdiawan saat menyampaikan materi dalam kegiatan In Service Training di Kecamatan Ambulu. (Foto: Ist)
JEMBER, PENA NUSANTARA – Peningkatan kapasitas pendamping desa menjadi penting, karena selama ini masih ditemukan keluhan masyarakat tentang pelayanan dan pembangunan di desa. Apatur desa kerap tidak mengerti bagaimana membangun daerahnya, terutama soal pemberdayaan di desa setempat.

“Untuk itu, kami menyelenggarakan In Service Training (IST) atau belajar bersama yang bertujuan mengoptimalkan tugas para pendamping dalam mengimplementasikan undang-undang desa,” kata Dodik Merdiawan, pendamping tingkat kabupaten bidang pembangunan partisipatif, Rabu (26/7/2017).

Menurutnya, pelatihan itu untuk meningkatkan kapasitas para pendampina agar semakin profesional dalam melaksanakan tugas sesuai Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Selain itu juga membangun kemampuan fasilitasi para pendamping terhadap pembangunan di desa, termasuk dalam hal pemberdayaan masyarakat.

“Semua tingkatan pendamping kami libatkan, mulai pendamping ahli tingkat kabupaten, pendamping desa tingkat kecamatan dan pendamping lokal desa di tingkat desa,” ujarnya, yang menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Ambulu.

Pelatihan bersama ini menargetkan para pendamping dapat menjadi fasilitator apa yang menjadi kebutuhan desa, sehingga kebutuhan pembangunan mereka dapat terpenuhi dan sesuai dengan regulasi yang ada.

“Nantinya seorang pendamping desa diharapkan mempunyai peran yang penting untuk memfasilitasi desa dalam menjalankan amanah yang tertuang dalam undang-undang desa,” tutur Dodik.

Selain itu, Dodik berkata, peran pendamping juga dapat mengawal beberapa tahapan dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa, hingga proses pencairan dan realisasi dana desa yang bersumber dari APBN.

"Adanya regulasi yang mengatur tentang desa ini, pemerintah desa dapat mengimplementasikan sesuai aturan yang ada, dengan begitu dapat terwujud satu persepsi yang bertujuan untuk menjadikan desa yang mandiri dan lebih maju,” tandasnya. (*)


Rakor Bersama Gubernur, Bupati Hendy Terangkan Upaya Pemkab Tangani Covid
Rabu, 01-09-2021 - 20:00:00

Rakor Bersama Gubernur, Bupati Hendy Terangkan Upaya Pemkab Tangani Covid

JEMBER - Kabupaten Jember menjadi tuan rumah rapat koordinasi membahas evaluasi PPKM di Jawa Timur. Rapat dipimpin langsung oleh Gubernur . . .
Headline
Loop Arena, Sarana Publik untuk Menumbuhkan Kreatifitas Pemuda
Minggu, 10-12-2017 - 09:37:46

Loop Arena, Sarana Publik untuk Menumbuhkan Kreatifitas Pemuda

MALANG, PENA NUSANTARA – PT Telkomsel Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kota Malang, Sabtu (9/12/17) kemarin, mengesahkan loop arena di Taman . . .
Citizen Reporter
Watam, Gerak Jalan Kreasi untuk Tingkatkan Pariwisata
Minggu, 26-11-2017 - 08:36:53

Watam, Gerak Jalan Kreasi untuk Tingkatkan Pariwisata

JEMBER, PENA NUSANTARA - Semangat untuk mendorong dan meningkatkan potensi wisata terus dilakukan oleh Muspika Ambulu bersama suami Bupati Jember, . . .
Peristiwa
Desa Kaliwining Fokuskan Infrastruktur Jalan dan Paving Desa
Selasa, 31-10-2017 - 14:34:08

Desa Kaliwining Fokuskan Infrastruktur Jalan dan Paving Desa

JEMBER, PENA NUSANTARA - Dikucurkannya Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) yang terdiri dari Dana Desa (DD) bersumber Anggaran Pendapatan . . .
Pemerintahan
Top