Stop Press :
  • Redaksi dan Seluruh Kru Pena Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)
  • Polres Jember menggerebek pabrik mi yang terletak di Dusun Rowo Desa Rowo Indah Kecamatan Ajung yang ditegarai menggunakan bahan kimia berbahaya, Senin (5/6/2017) siang.
  • Senin, 29-11-2021 - 14:48:57

Pilkada Serentak 2018, Polres Inhil Siapkan Pola Pengamanan

Pilkada Serentak 2018, Polres Inhil Siapkan Pola Pengamanan Susana rapat koordinasi persiapan pengamanan Pilkada serentak di Provinsi Riau, oleh Polres Inhil di Ruang Tri Brata polres setempat. (Foto: Ist)
JEMBER, PENA NUSANTARA - Polres Indragiri Hilir (Inhil), Riau, bakal menerjunkan 763 personel gabungan, yang terdiri dari personel Polres Inhil dan polsek jajaran, serta ditambah personel BKO dari Polda Riau. Ratusan personel itu akan diterjunkan dalam pengamanan Pemilu Gubernur/Wakil Gubernur Riau dan Bupati/ Wakil Bupati Indragiri Hilir, yang diselenggarakan serentak tahun 2018, mendatang.

Rencana pengamanan itu disampaikan Kabag Ops Polres Inhil, Kompol Maison, dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung, di Ruang Tri Brata polres setempat, sebagaimana rilis yang diterima penanusantara.id, Jumat (29/9/2017).

Rapat yang membahas tentang kesiapan menghadapi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) tersebut, dihadiri oleh Sekda Kabupaten Inhil, Said Syarifuddin, Asisten Bidang Administrasi dan Pemerintahan Setdakab Inhil, Darussalam, Kaban Kesbang Polinmas, Aslimudin, BKPDA, dan Panwaslu serta Wakapolres Kompol Azwar, serta para perwira Polres Inhil.

Sebelumnya, mengawali pertemuan tersebut, Kapolres mengungkapkan bahwa ada 3 Komponen utama yang akan mempengaruhi kesuksesan Pilkada ini, yaitu KPU sebagai penyelenggara, Panwaslu sebagai pengawas dan Polri sebagai pihak yang bertanggungjawab untuk pengamanannya.

Menurut dia, ketiga komponen ini, harus mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten. Sedangkan untuk mendukung kegiatan pengamanan di tingkat kabupaten, tidak seluruhnya ditanggung oleh provinsi. Kekurangan anggaran yang dibutuhkan, diharapkan akan jadi tanggungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

Dari rencana pengaman tersebut, ada 1.610 TPS yang tersebar di 20 kecamatan di Inhil. Ada beberapa pola pengamanan yang menjadi alternatif, yaitu Pola Pam Aman dengan model 2 : 5 : 10 (2 Polri : 5 TPS : 10 Linmas), Pola Rawan I, dengan 2 : 4 : 8 (2 Polri : 4 TPS : 8 Linmas) dan Pola Rawan II, dengan 2 : 1 : 4 (2 Polri : 1 TPS : 4 Linmas).

Alternatif Kedua adalah Pola Aman dengan 2 : 8 : 16 (2 Polri : 8 TPS : 16 Linmas), Pola Rawan I dengan 2 : 3 : 6 (2 Polri : 3 TPS : 6 Linmas) dan Pola Rawan II dengan 2 : 1 : 2 (2 Polri : 1 TPS : 4 Linmas).

Kerawanan yang diperkirakan akan terjadi dalam tahapan Pilkada adalah tahap persiapan; kelalaian dalam pendaftaran pemilih, pendaftaran lebih dari 1 kali, manipulasi data oleh petugas pendata, rasa tidak puas dari calon, konflik internal partai, dan intimidasi.

Dalam tahap pelaksanaan kerawanannya adalah bentrok antar pendukung, kampanye uang, kampanye hitam, selebaran gelap, manipulasi data, pencoblosan lebih 1 kali, dan penggembungan suara.

Ditahap penyelesaian kerawanan yang timbul diperkirakan adalah penolakan terhadap hasil penetapan perolehan suara, teror terhadap pasangan calon terpilih, unjuk rasa, intimidasi terhadap anggota KPUD dan saksi-saksi, mobilisasi massa ke MK, dan pengrusakan fasilitas umum.

Menanggapi hal tersebut, Sekda Said Syarifuddin, mengapresiasi Kapolres dan jajarannya, karena pertemuan ini bisa menjadi media sharing untuk menentukan langkah lebih lanjut demi menyukseskan Pilkada di kabupaten setempat. Lebih jauh Ia mengatakan, Pemkab akan mendukung kebutuhan anggaran yang belum masuk di anggaran Provinsi. (Humas Inhil/R. Melo)


Pimpin Sertijab Para Kapolres, Ini Arahan Kapolda Jatim kepada Pejabat Baru
Senin, 15-11-2021 - 20:00:00

Pimpin Sertijab Para Kapolres, Ini Arahan Kapolda Jatim kepada Pejabat Baru

SURABAYA,- Kapolda Irjen Pol Nico Afinta, didampingi Waka Polda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, serta Pejabat Utama (PJU) . . .
Headline
Komitmen 30 Perguruan Silat di Jember, Kapolres: Ini Merupakan Tonggak Sejarah
Rabu, 09-06-2021 - 18:10:00

Komitmen 30 Perguruan Silat di Jember, Kapolres: Ini Merupakan Tonggak Sejarah

JEMBER - Sebanyak 30 perguruan silat se-Kabupaten Jember berkumpul di Pendapa Wahyawibawagraha untuk menunjukkan tekad mereka berkomitmen menjaga kamtibmas yang . . .
Headline
Jaga Ketahanan Pangan, Pemdes Tanggul Kulon Tetapkan Pembantu Pertanian
Selasa, 20-04-2021 - 08:00:00

Jaga Ketahanan Pangan, Pemdes Tanggul Kulon Tetapkan Pembantu Pertanian

JEMBER - Untuk menjaga ketahanan pangan di Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul pemerintah desa setempat melaksanakan Musyawarah Desa penetapan . . .
Pemerintahan
Operasi Sikat Semeru, Polsek Patrang Amankan Puluhan Preman
Senin, 11-12-2017 - 16:01:06

Operasi Sikat Semeru, Polsek Patrang Amankan Puluhan Preman

JEMBER, PENA NUSANTARA – Kepolisian Sektor Patrang, Jember, mengamankan puluhan orang, Senin (11/12/2017) siang. Menurut Kapolsek Patrang, AKP Mahroby Hasan, . . .
Hukum Kriminal
Top