Stop Press :
  • Redaksi dan Seluruh Kru Pena Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)
  • Polres Jember menggerebek pabrik mi yang terletak di Dusun Rowo Desa Rowo Indah Kecamatan Ajung yang ditegarai menggunakan bahan kimia berbahaya, Senin (5/6/2017) siang.
  • Senin, 29-11-2021 - 14:05:28

Longsor di Jember, Tim SAR Cari Tiga Orang yang Hilang

Longsor di Jember, Tim SAR Cari Tiga Orang yang Hilang Ilustrasi penanganan bencana: Posko bencana alam. (Foto: google image)
JEMBER, PENA NUSANTARA - Bencana tanah longsor dilaporkan terjadi di dua dusun, yakni di Dusun Kedungliyer RT 1/ RW 5 dan Dusun Krajan RT 1/ RW 1, Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Senin (16/10/2017) malam, kemarin. Peristiwa yang terjadi sekira pukul 20.00 Wib ini, mengakibatkan tiga orang yang masih satu keluarga dikabarkan hilang dan masih dalam pencarian.

Dalam laporannya, Camat Sumberbaru, M Yusuf menjelaskan, selain tiga orang yang dilaporkan hilang, musibah tanah longsor itu juga menelan korban hewan ternak milik warga, diantaranya dua ekor sapi dan 12 ekor kambing, serta dua rumah hancur. Satu diantara dua yang hancur tersebut kondisinya tertimbun tanah.

“Pemilik rumah atas nama Munari [kepala keluarga] dan tujuh anggota keluarga selamat. [Sedangkan] Saiful, 35 tahun, [kepala keluarga], istrinya Yana, 25 tahun, dan anaknya Faris, 5 tahun, masih belum ditemukan bersamaan dengan rumah yang hilang atau tertimbun longsor,” jelasnya, dalam laporan yang beredar di wartawan.

Selanjutnya, bersama Muspika dan masyarakat setempat, petugas berusaha untuk melakukan evakuasi terhadap korban. Tim juga masih mewaspadai adanya longsor susulan, sehingga malam tadi upaya pencarian korban dihentikan sementara dan bakal dilanjutkan pagi ini dengan melibatkan Tim SAR dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember.

“Mudah-mudahan ketiga orang yang belum ditemukan memperoleh keajaiban, sehingga selamat semua,” harapnya.

Dalam laporan lainnya, Plt BPBD Kabupaten Jember, Widi Prasetyo menjelaskan, sejauh ini BPBD telah melakukan pendataan di lapangan terhadap korban yang dinyatakan hilang tersebut. Menurutnya, evakuasi baru akan dilaksanakan pagi ini pukul 06.00 Wib oleh Tim Basarnas, Tim Reaksi Cepat (TRC), TNI, Polri, relawan dan masyarakat. Sebanyak 47 Jiwa yang terdiri dari 12 kepala keluarga dilporkan mengungsi dan telah mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Jember.

“Bantuan sembako, paket sandang, alat sekolah, alat kebersihan, matras, tikar, sarung, selimut dan alat masak sudah kami distribusikan tadi malam,” terangnya.

Selain memberikan bantuan tersebut, BPBD Jember juga telah membuat dapur umum yang dapat dimanfaatkan bersama untuk melayani para pengungsi dan petugas yang melakukan evakuasi.

Sementara itu, Bupati Jember, Faida, terus memantau perkembangan situasi di Jember, meski saat ini dirinya sedang ada tugas di luar daerah. Menurut dia, pihaknya sudah memerintahkan BPBD dan jajaran terkait untuk melakukan penanganan secepatnya.

“Saya sudah dapat laporannya, dan kini tim TRC sudah di lapangan untuk evakuasi. Saya juga mengimbau warga harus tetap dan terus waspada adanya kemungkinan terjadinya longsor susulan,” imbaunya. (*)


Komunitas BMW di Jember Bagikan Ribuan Masker kepada Pedagang dan Pembeli
Minggu, 18-07-2021 - 11:00:00

Komunitas BMW di Jember Bagikan Ribuan Masker kepada Pedagang dan Pembeli

JEMBER - Salah satu komunitas otomotif ambil bagian dalam langkah tersebut. BMW CCI (Club Car Indonesia) Jember Chapter terpanggil untuk . . .
Headline
Lakukan Sidak, DPRD Jember Temukan 10 Tambak Udang Ilegal
Kamis, 03-06-2021 - 20:10:00

Lakukan Sidak, DPRD Jember Temukan 10 Tambak Udang Ilegal

JEMBER - Sidak yang dilakukan lintas Komisi di DPRD Jember, yakni Komisi A, Komisi B dan Komisi C, serta BPN . . .
Headline
Pompong Tenggelam, Istri Selamat dan Suami Hilang
Sabtu, 25-11-2017 - 17:18:51

Pompong Tenggelam, Istri Selamat dan Suami Hilang

INDRAGIRI HILIR, PENA NUSANTARA - Abdul Satar alias Utoh, warga Parit 1 Kelurahan Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir . . .
Headline
Polres Jember Periksa Pasangan yang Diduga Sesama Jenis
Senin, 23-10-2017 - 15:39:21

Polres Jember Periksa Pasangan yang Diduga Sesama Jenis

JEMBER, PENA NUSANTARA - Diduga memalsukan dokumen, pasangan yang ditengarai sesama jenis warga Dusun Plalangan, Desa Glagawero, Kecamatan Panti, Jember, . . .
Headline
Top