Stop Press :
  • Redaksi dan Seluruh Kru Pena Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.
  • Bupati Jember, Faida, melepas dua bus angkutan mudik gratis tujuan akhir Kabupaten Sumenep, di depan kantor pemkab setempat, Kamis (22/6/2017)
  • Polres Jember menggerebek pabrik mi yang terletak di Dusun Rowo Desa Rowo Indah Kecamatan Ajung yang ditegarai menggunakan bahan kimia berbahaya, Senin (5/6/2017) siang.
  • Senin, 29-11-2021 - 13:55:00

BPN Jember Targetkan Pengurusan PTSL Selesai Bulan Desember

Foto: istimewa
JEMBER - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jember ngebut dalam mengejar target penyelesaian sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Langsung (PTSL). Kepala BPN Jember Sugeng Mulyo Santoso menargetkan pengurusan PTSL di Jember selesai pada bulan Desember 2021. 

Pernyataan itu disampaikan Sugeng dalam agenda penyerahan 500 sertifikat tanah yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Jember Hendy Siswanto di Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro, Selasa (16/11). 

"Hari ini kita menyaksikan penyerahan 500 sertifikat tanah lewat program PTSL dimana 200 dari Desa Sidomekar Semboro dan 300 sertifikat dari Desa Karangsono Bangsalsari," ucapnya saat sambutan. 

Kepala BPN Sugeng mengapresiasi peran masyarakat khususnya dukungan pemerintah daerah dalam proses pengurusan PTSL. "PTSL tidak bisa berjalan lancar tanpa bantuan pemerintah daerah, pokmas, dan masyarakat," tambahnya. 

Sementara, Bupati Hendy Siswanto mengimbau kepada masyarakat agar tidak ragu mendaftarkan pengurusan tanah melalui PTSL untuk menghindari potensi masalah pertanahan.

"Kalau sudah ada sertifikat enak kita menghindari adanya masalah ke depan. Kalau tidak diurus kasihan anak penerus kita bisa-bisa mengakibatkan pertikaian karena perkara tanah ini sensitif, artinya surat ini penting jadi tolong dijaga," ujarnya.

Secara keseluruhan program PTSL di Jember bukan tanpa masalah, di beberapa desa kerap ditemui adanya pungutan liar yang bahkan melibatkan oknum perangkat desa. 

Menanggapi hal tersebut, Bupati Hendy mengaku sudah mendengar kabar tersebut dan meminta para camat untuk menginventarisir dan melakukan klarifikasi. 

"Kami punya inspektorat untuk menindaklanjuti (laporan) untuk melakukan pemeriksaan, tapi mudah-mudahan hal seperti itu tidak terjadi, ya mungkin cuma satu dua oknum saja. Kalau kita selalu berkolaborasi berkoordinasi insyaallah masyarakat tidak sampai rugi dalam hal ini," urainya.

Di tempat yang sama, Camat Bangsalsari Supriyono mengapresiasi dan mendukung adanya program PTSL sebagai sesuatu yang sangat dibutuhkan masyarakat.

"Kami menyambut baik program ini, sangat membantu masyarakat, untuk itu saya selaku Camat mendorong para kepala desa untuk segera mencari akses agar segera menyelenggarakan PTSL untuk wilayah Bangsalsari," katanya. 

Sementara, soal kabar pungli di beberapa daerah Supriyono menyatakan sampai dengan hari ini di wilayahnya tidak ada masalah terkait pengurusan PTSL.


Bupati Hendy Targetkan 2022 SPBE Sudah Diterapkan Oleh Pemkab Jember
Jumat, 17-09-2021 - 09:00:00

Bupati Hendy Targetkan 2022 SPBE Sudah Diterapkan Oleh Pemkab Jember

JEMBER-, Bupati Hendy Siswanto menargetkan birokrasi pemerintahan yang dipimpinnya menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada tahun 2022. Untuk mewujudkan . . .
Headline
Pemkab Jember Akan Inventarisir dan Kelola Wilayah Pesisir
Kamis, 26-08-2021 - 19:00:00

Pemkab Jember Akan Inventarisir dan Kelola Wilayah Pesisir

JEMBER – Kerja cepat ditunjukkan Bupati Hendy Siswanto dan Wakil Bupatu K.H. M.B. Firjaun Barlaman (Gus Firjaun). Setelah membentuk Tim . . .
Headline
Bupati Jember Akan Bantu Pengurusan Perizinan Tambang Sampai ke Pusat
Senin, 07-06-2021 - 22:00:00

Bupati Jember Akan Bantu Pengurusan Perizinan Tambang Sampai ke Pusat

JEMBER - Bupati Hendy Siswanto, melakukan rapat koordinasi bersama 40 pengusaha tambang berizin di Kabupaten Jember. Dalam pertemuan dengan para . . .
Pemerintahan
Balita di Jember Dilaporkan Hanyut Terbawa Arus Selokan Depan Rumah
Minggu, 17-12-2017 - 18:52:28

Balita di Jember Dilaporkan Hanyut Terbawa Arus Selokan Depan Rumah

JEMBER, PENA NUSANTARA - Kepolisian Sektor Tempurejo, Jember, terus mencari keberadaan Defan Adia Bishogi, balita asal Dusun Mandilis, Desa Sanenrejo, . . .
Peristiwa
Top